Home » Vagina » 5 Cara Menjaga Vagina Sehat

5 Cara Menjaga Vagina Sehat

5 Cara Menjaga Vagina SehatVagina sehat, bersih dan harum tentu saja menjadi keinginan dari semua wanita, dengan memiliki vagina yang sehat dan juga terawat tentu saja nantinya akan memberikan keuntungan untuk seorang wanita itu sendiri. Untuk mendapatkan vagina yang sehat sendiri pada dasarnya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan, namun sebelum membahas hal tersebut, kita akan membahas mengenai vagina secara umum terlebih dahulu.

Vagina merupakan salah satu bagian tubuh seorang wanita yang menjadi sarang bakteri, oleh karena itu harus selalu dijaga kebersihannya, selain itu juga merupakan alat reproduksi pada wanita yang mana nantinya melalui vagina, kemudian disalurkan ke rahim sehingga akan menghasilkan anak, kemudian selain itu juga vagina merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat vital.

Dengan demikian perawatan vagina sendiri memang sangat diperlukan. Vagina sendiri pada dasarnya memang lembab namun jika kondisi lembab normal, maka tidak perlu dikhawatirkan namun jika kelembabannya tidak normal, maka harus diperhatikan karena mudah untuk terserang beberapa masalah seperti keputihan, gatal, jamur, bakteri dan yang lainnya.

Hal yang cukup berbahaya dan ditakuti olekh semua wanita mengenai gangguan kewanitaan sendiri adalah kanker serviks, sehingga untuk mencegah beberapa masalah tersebut, ada baiknya jika Anda merawat organ kewanitaan Anda. Untuk merawat vagina sendiri cukup sederhana yaitu dengan menjaga kebersihan dari organ intim itu sendiri dan juga beberapa treatment lain. Oleh karena itu kita akan membahasnya, dengan beberapa informasi yang mana disampaikan nanti, maka akan terbantu dan juga tahu bagaimana cara merawat vagina.

Beberapa manfaat dari vagina sehat sendiri juga bermacam – macam, seperti terhindar dari beberapa masalah kewanitaan, kemudian juga vagina akan lebih bersih dan harum, selain itu untuk Anda yang memang sudah memiliki pasangan akan menjadi lebih harmonis, lalu tidak akan mengalami gangguan dalam program anak dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk sekarang ini perawatan vagina sudah sangat banyak, dan kita akan membahasnya. Untuk sebagian wanita, merawat vagina akan lebih efektif jika menggunakan cairan antiseptic.

Cairan antiseptic memag bisa digunakan dan juga sangat mudah untuk didapatkan, namun di dalam penggunaannya diusahakan tidak terlalu sering, hal tersebut karena kandungan beberapa bahan kimia cukup membahayakan untuk kesehatan vagina itu sendiri karena tingkat keasaman dari vagina harus dijaga dengan baik. Mungkin untuk sekali – sekali saja diperbolehkan namun itu tadi, jangan terlalu sering, akan lebih baik jika menggunakan air rebusan daun sirih.

Selain itu juga menghindari pemakaian celana ketat terlalu sering, pemakaian pembalut atau penty liner yang berparfum, selain itu bisa juga dengan menjalankan pola hidup sehat dan juga perbanyak menkonsumsi yoghurt, yoghurt sendiri memberikan dampak yang sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman dari vagina itu sendiri agar tetap seimbang, kemudian juga mengurangi konsumsi buah seperti mentimun dan nanas karena jenis buah tersebut akan meningkatkan resiko keputihan dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan kini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menjaga vagina sehat sehingga mencegah adanya gangguan pada vagina.

Menjaga Keseimbangan Tingkat Keasaman
Untuk menjaga vagina sehat, sebenarnya bisa dibantu dengan beberapa cara, dengan bantuan beberapa cara yang akan kita bahas kali ini, maka nantinya akan sangat efektif. Untuk yang pertama adalah dengan menjaga tingkat keasaman dari vagina itu sendiri.

Bagaimana cara menjaga tingkat keasaman dari vagina? Tingkat keasaman normal untuk vagina sendiri adalah 3,5 dan juga memiliki kandungan bakteri baik yang mana nantinya berguna untuk melindngi vagina dari infeksi. Untuk menjaga tingkat keasamannya sendiri adalah dengan selalu membersihkan vagina dengan menggunakan air rebusan daun sirih dan menghindari mencuci vagina dengan beberapa larutan kimia / douching.

Hal tersebut karena nantinya dapat menimbulkan tingkat keasaman vagina menjadi turun. Dengan memperhatikan beberapa hal kecil tersebut, tentu saja nantinya kesehatan vagina akan dapat dijaga dengan baik dan juga tingkat keasamannyapun juga akan dapat dijaga keseimbangannya.

Melakukan Seks Aman
Kemudian untuk mendapatkan vagina sehat yang kedua adalah pada saat melakukan hubungan seksual, hendaknya melakukannya dengan aman, lalu bagaimana caranya? Sebelumnya jika melakukan hubungan seksual secara tidak aman nantinya akan menimbulkan resiko terkena penyakit kelamin seperti HIV AIDS, herpes atau yang lainnya, dan sampai dengan saat ini, penyakit HIV AIDS sendiri belum ditemukan obatnya.

Oleh karena itu untuk mencegah semua hal tersebut, ada baiknya dengan melakukan hubungan seksual yang aman, dan caranya sendiri adalah dengan menggunakan pengaman seperti kondom serta usahakan untuk tidak ganti – ganti pasangan di dalam melakukan hubungan seksual. Akan lebih baik lagi jika memang belum menikah, maka tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu, dengan demikian resiko gangguan vagina akan dapat dicegah dengan baik.

Rutin Pemeriksaan Dokter
Lalu menjaga vagina sehat yang ketiga adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, dengan pantauan dokter tentu saja nantinya akan sangat efektif, hal tersebut karena jika memang terdapat gangguan nantinya akan dapat segera diatasi sehingga tidak semakin parah, sehingga akan terpantau dengan baik.

Hal tersebut juga karena terdapat 3 jenis infeksi yang sewaktu – waktu dapat menyerang, infeksi tersebut adalah jamur, bakteri dan juga infeksi trichomoniasis yang mana dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Oleh karena itu jika memang Anda sudah merasakan beberapa hal yang tidak nyaman pada area organ intim, seperti gatal atau yang lainnya, maka segera dilakukan pemeriksaan ke dokter.

Tepat Dalam pemilihan Pakaian
Lalu untuk menjaga vagina sehat yang keempat adalah dengan memilih pakaian dalam maupun luar yang nyaman dan juga tidak terlalu ketat. Pada dasarnya vagina sendiri harus ada di dalam kondisi yang nyaman, bersih dan juga kering, oleh karena itu semua yang kita pakai akan sangat mempengaruhi kondisi dari vagina itu sendiri.

Anda bisa memilih untuk menggunakan bahan pakaian dalam yang terbuat dari katun dan juga tidak terlalu ketat sehingga nantinya masih ada udara yang bisa masuk ke dalam area vagina sehingga tidak terlalu lembab. Selain itu Anda juga bisa mengurangi pemakaian celana jeans yang terlalu ketat karena celana yang terlalu ketat akan menekan vagina sehingga tidak ada udara yang masuk.

Perawatan Spa Vagina
Dan yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan spa vagina, spa vagina ini memberikan manfaat yang sangat banyak untuk seorang wanita, lalu apa saja manfaatnya? Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari perawatan spa vagina sendiri adalah untuk membantu melancarkan peredaran darah, kemudian juga membantu untuk menghilangkan penyebab keputihan seperti jamur dan juga bakteri, selain itu juga membantu untuk membuat vagina mejadi lebih bersih dan juga wangi serta segar, kemudian juga membantu untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual karena akan membantu untuk mengencangkan daerah kewanitaan sehingga rumah tangga menjadi lebih harmonis, selain itu juga membantu untuk mengurangi lendir yang berlebihan sehingga kelembaban bisa dijaga dengan baik. Jadi dengan beberapa perawatan tersebut nantinya Anda akan mendapatkan vagina sehat.


Anda Serius Ingin Memperbesar Payudara Anda?, Ingin membuat payudara menjadi lebih kencang, besar dan & Indah? Ingin tampil lebih percaya diri di depan suami?
Silahkan Klik
Disini
 

One comment

  1. Gimana cara menjaga vagina