Home » Keputihan » 14 Faktor Penyebab Keputihan

14 Faktor Penyebab Keputihan

penyebab keputihanTahukah Anda apa saja faktor penyebab keputihan yang biasa terjadi pada setiap wanita? Wanita yang telah dewasa dan telah mendapatkan tamu bulanan memang terkadang mengalami masalah yang sering membuat tidak nyaman misalnya keputihan.

Keputihan yang dialami ini memang lumrah terjadi namun perlu Anda ketahui bahwa keputihan dibagi menjadi dua misalya keputihan yang berbahaya dan tidak. Keputihan yang berbahaya misalnya berbau busuk, warna keputihan yang coklat kehijauan dan juga menimbulkan rasa gatal pada organ kewanitaan.

Tetapi apabila keputihan tersebut tidak berbahaya biasanya memiliki ciri-ciri seperti warna yang bening, tidak menimbulkan rasa bau dan juga gatal. Sebagai pemahaman saja bahwa keputihan juga bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab keputihan yang akan diulas eperti artikel dibawah ini.

14 Faktor penyebab keputihan yaitu
1. Apabila Anda sering sekali menggunakan tissu dibandingkan dengan menggunakan air bersih setelah buang air kecil ini juga dapat menjadi faktor penyebabnya. Untuk itu ketika buang air kecil disarankan untuk menggunakan air untuk membasuh organ kewanitaan.

Baru setelah itu Anda dapat menggunakan tissu agar tidak basah celana dalam. Sehingga menjadi lembab yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan. Kemudian apabila Anda menemukan kamar mandi yang kotor dapat mengambil gayung dan ambil air bukan pada bak mandi melainkan langsung dari kran. Dengan begitu maka akan menghindari terjadinya keputihan.

2. Ketika memilih bahan celana dalam sebaiknya jangan terlalu ketat dan berbahan sintetis. Hal ini karena dapat menyebabkan terjadinya keputihan. Pilihlah jenis celana dalam berbahan katun atau yang menyerap keringat agar keadaan celana dalam tetap dalam keadaan kering.

3. Pernahkah Anda menggunakan pantyliner saat keputihan? Ada baiknya Anda memperhatikan hal berikut ini. Pada saat keputihan hendaknya menggunakan pantyliner untuk mencegah keputihan tersebut sampai membuat celana dalam menjadi lembab. Namun penggunaan pantyliner juga harus diperhatikan maksimal empat jam. Karena jika Anda menggunakan pantyliner terlalu lama menjadi keputihan juga.

4. Cara membilas setelah buang air kecil yang salah juga dapat menyebabkan keputihan. Adapun arah membilas yang salah misalnya dari arah belakang kedepan. Untuk membilas setelah buang air kecil adalah dari arah depan ke belakang agar bakteri yang ada dianus tidak sampai keorgan intim kita.

5. Hindari bertukar celana dalam atau pun handuk secara bersamaan dengan orang lain. Hal ini juga kurang higienis dan dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya keputihan.

6. Kurangnya menjaga kebersihan organ intim juga memicu terjadinya keputihan. Hendaknya sebelum menimbulkan penyakit berbahaya hendaknya menjaga kebersihan organ intim mulai dari sering mengganti celana dalam minimal dua hingga tiga kali dalam sehari. Dan juga rajin membersihkan pada saat selesai buang air kecil dan juga besar.

7. Pekerjaan yang terlalu berat juga dapat menimbulkan kelelahan fisik sehingga berakibat pada keputihan pada organ intim wanita. Untuk itu jagalah kesehatan tubuh apabila memang sudah dirasa lelah sebaiknya Anda beristirahat dan tak ada salahnya sesekali melakukan treatment atau perawatan kesalon kecantikan. Pada saat kesalon Anda dapat memilih jenis perawatan seperti pijat refleksi, totok wajah, creambath dan masih banyak lagi lainnya tergantung kebutuhan.

8. Faktor psikis seperti depresi dan juga stress juga dapat memicu terjadi keputihan yang semakin parah. Untuk menghindari hal tersebut tak ada salahnya jika Anda sesekali melakukan refresing pergi kepantai atau gunung. Selain menghilangkan penat bekerja juga dapat mengembalikan pikiran menjadi inpirasi untuk giat bekerja setelah melakukan liburan.

9. Keputihan juga berhubungan dengan pola hidup dan juga pola makan yang tidak teratur serta seimbang. Anda harus menjaga pola makan dan juga pola hidup yang seimbang dengan begitu maka kesehatan akan terjaga dan keputihan pun dapat segera diatasi. Misalnya saja akan lebih baik jika rajin mengkonsumsi buah dan juga sayur agar kesehatan terjaga.

10. Alangkah baiknya jika Anda setiap pada satu pasangan dan sebelum melakukan kegiatan seksual didahulu dengan menikah. Dengan cara ini akan menjadi lebih aman dalam menjalani kehidupan seksual. Perlu Anda ketahui bahwa menjalani kegiatan seksual dengan berganti-ganti pasangan selain dapat menimbulkan keputihan juga dapat terkena penyakit seksual yang berbahaya.

11. Jika Anda mandi sebaiknya hindari mandi dengan menggunakan air hangat. Hal ini karena dapat berpotensi terjadinya keputihan. Untuk itu sebaiknya menghindari mandi dengan air hangat dan mulai mandi dengan air dingin.

12. Ada suatu riwayat penyakit yang berhubungan langsung dengan organ kewanitaan. Untuk itu apabila terjangkit penyakit seperti ini sebaiknya langsung konsultasikan kedokter. Dengan rajin berkonsultasi dan berobat maka diharapkan dapat segera disembuhkan agar tak berkepanjangan.

13. Dalam diri wanita tersebut memiliki ketidak seimbangan hormon yang berakibat pada keputihan yang terjadi. Sehingga ada baiknya jika mencari tahu dan segera berkonsultasi kedokter untuk menjaga keseimbangan hormon.

14. Kebiasaan menggaruk vagina yang terasa gatal juga akan memperparah keputihan tersebut berlangsung parah. Untuk itu sebaiknya diobati dan jangan di garuk ketika vagina mengalami gatal dan panas.

Setelah mengetahui mengenai faktor penyebab keputihan maka ada baiknya jika Anda segera menghindari apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan begitu maka dapat menghindari keputihan tersebut semakin parah dan juga menyebabkan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Biasanya rasa tidak nyaman timbul karena ingin menggaruk bagian organ intim dan juga rasa panas yang ditimbulkan.

Untuk menghindari faktor diatas akan lebih lengkap rasanya jika Anda juga menghindari jenis makanan yang dilarang karena dapat menyebabkan keputihan tak kunjung sembuh. Melalui penjabaran berikut maka diharapkan untuk lebih berhati-hati mengenai makanan yang dikonsumsi dan hindari apa yang menjadi pantangan. Adapun makanan yang harus diihindari agar tak menimbulkan keputihan yang semakin parah yaitu

Ada baiknya Anda menghindari jenis makanan yang berbahan tepung misalnya jenis kue pangang, craeker, es krim, roti putih dan juga jenis makanan dalam kemasan lainnya. Dengan menghindari jenis makanan ini maka keputihan tidak akan semakin parah dan sulit disembuhkan.

Anda juga harus menghindadi jenis makanan daging atau sayur yang dibalut dengan roti dibagian luarnya. Seperti penjelasan diatas yang tidak memperbolehkan jenis kandungan tepung untuk dikonsumsi saat terjadi keputihan.

Meghindari juga makanan yang mengandung unsur glikemik. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung glikemik maka akan mengakibatkan keputihan bagi yang tidak terjadi keputihan dan makin tidak sembuh bagi yang sudah terkena. Makanan yang mengandung unsur glikemik misalnya saja jagung manis, kentang, pisang dan juga anggur.

Makanan yang terakhir yang harus dihindari adalah jenis makanan yang mendung ragi. Adapun contoh makanan yang banyak mengandung ragi misalnya keju, jamur dan juga pasta tomat.

Dengan menghindari faktor penyebab keputihan dan menaati untuk menghindari makanan penyebab keputihan akan membantu Anda terbebas dari keputihan.


Anda Serius Ingin Memperbesar Payudara Anda?, Ingin membuat payudara menjadi lebih kencang, besar dan & Indah? Ingin tampil lebih percaya diri di depan suami?
Silahkan Klik
Disini