Home » Kehamilan » 5 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil yang Aman

5 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil yang Aman

Pada dasarnya, pada wanita hamil yang sedang mengalami sakit batuk tidak diperbolehkan menggunakan obat batuk sembarangan, karena obat batuk untuk ibu hamil sendiri telah dibuat secara lebih khusus agar aman bagi janin. Oleh karena itu, wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan obat batuk yang biasa mereka konsumsi.

Hal ini dikarenakan bahwa di dalam obat batuk mengandung  zat-zat tertentu yang jika dikonsumsi oleh para ibu hamil akan menyebabkan risiko kecaatan pada janin yang lebih besar. Oleh karenanya, dalam obat-obat tertentu termasuk obat batuk ini selalu dicantumkan “tidak diperuntukkan untuk ibu hamil” pada label kontra indikasi obat tersebut.

Batuk yang merupakan suatu gejala yang menyebabkan hidung tersumbat, bersin, dan rasa tidak enak pada tenggorokan memang merupakan sebuah keadaan yang tidak menyenangkan . untuk mengatasi gajala-gajala tersebut, maka obat batuk dibuat dengan menggunakan  beberapa kandungan yang berguna untuk mengatasi gejala-gejala tersebut.

Adapun kandungan yang terdapat pada obat batuk adalah antihistamin yang berguna untuk mengurangi rasa gatal pada hidung dan tenggorokkan, dekongestan, yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat, antitusif, ekpekstoran, dan analgesic., namun, kandungan yang ada di dalam obat batuk tersebut bias menimbulkan efek yang berbahaya bagi jabang bayi, terlebih jika dosis yang digunakan lebih sangat tinggi. oleh karena itu, dengan bahanya menggunakan obat batuk biasa untuk maka sebaiknya anda menggunakan jenis obat batuk yang aman bagi ibu hamil.

Obat Batuk Buatan Pabrik yang Aman Untuk Ibu Hamil
Adapun obat batuk buatan pabrik yang aman bagi ibu hamil adalah obat pereda batuk dextromethorphan  dimana dari hasil penelitian obat ini tidak menyebabkan gangguan pada janin. Obat batuk pengencer dahak (ekspektoran) yang mengandung guafenesin, dimana hasil penelitian dari obat ini cukup aman digunakan oleh para wanita yang sedang hamil.

Meskipun beberapa obat terebut tidak menimbulkan efek buruk pada janin, namun alangkah sebaiknya anda obat batuk untuk ibu hamil menggunakan bahan-bahan alami baik untuk mengurangi maupun mencegah terjadinya batuk.

1. Garam
Adapun obat batuk untuk ibu hamil yang lebih aman dan alami adalah dengan menggunakan garam.  Garam merupakan bahan  alami yang sangat berguna dalam membersihkan lendir di sekitar mulut dan tenggorokan. Selain itu garam juga sangat baik dalam mengatasi dilatasi kapiler dan mampu meningkatkan suplay darah pada area tersebut.

Sehingga garam dalam hal ini mampu dijadikan  sebagai antibody dalam mengatasi bakteri dan virus penyebab batuk.  Untuk menggunakan gram sebagai obat batuk, maka anda bisa mencampurkan satu sendok makan garam dengan 8 ons air hangat yang bisa anda gunakan untuk obat kumur. Untuk lebih optimal, anda bisa menggunakannya untuk berkumur setidaknya 2 kali sehari.

2. Jeruk Nipis
Selain itu, anda juga bisa menggunakan jeruk nipis atau perasan lemon untuk obat batuk untuk ibu hamil. Di dalam jeruk nipis atau lemon terdapat banyak sekali kandungan vitamin C. vitamin C merupakan salah vitamin yang sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan system kekebalan tubuh manusia.

Oleh karena itu, dengan system kekebalan tubuh yang kuat ini, maka gejala batuk dan pilek dapat berkurang dan bahkan bisa sembuh secara perlahan. Untuk menggunakan jeruk nipis atau lemon obat batuk untuk ibu hamil ini, anda bisa  meminum perasan 1 buah jeruk yang dicampurkan dengan madu pada segelas air hangat, sebaiknya anda meminumnya dua kali sehari.

3. Madu
Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat batuk untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam madu murni terdapat vitamin C. selain itu, madu memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia, oleh karenanya apabila anda mengkonsumsi madu alami secara rutin, maka anda dapat terhindar dari sakit batuk. Bisanya, untuk menggunakan madu sebagai obat batuk ini, anda bisa mencampurkannya da minuman hangat.

4. Jahe
Sementara itu jahe juga bisa anda jadikan sebagai obat batuk untuk ibu hamil. Kandungan yang ada pada jahe  terdapat senyawa antivirus  dan anti bakteri yang merupakan salah satu penyebab timbulnya gejala batuk.  Oleh karenanya, jahe juga mempunyai khasiat dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Sementara itu, jenis jahe yang paling dianjurkan untuk digunakan sebagai obat batuk untuk ibu hamil adalah jahe merah. Kandungan minyak atsirin yang ada pada jahe merah adalah yang tertinggi dari jenis jahe manapun. Minyak atsirin ini pada dasarnya berperan dalam membunuh penyakit dan bakteri, dan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia.

Nah, apabila anda ingin menggunakan jahe ini sebagai obat alami untuk batuk, maka anda bisa memotong jahe satu ruas kemudian ditumbuk dan direbus. Setelah itu anda bisa mencampurkan satu sendok teh madu dan gula jawa atau gula batu secukupnya.

5. Memenuhi kecukupan Gizi
Selain untuk mengatasi dan mengobati batuk untuk ibu hamil adalah dengan mencukupi asupan gizi. Dengan pemenuhan gizi yang cukup bagi bayi, maka  hal tersebut dapat mencegah berbagai gangguan ataupun dampak ketikan anda sedang mengobati sakit batuk anda.  Hal ini dikarenakan, gizi merupakan pelindung alami bagi si bayi.
Hal-hal Penting yang Harus Diketahui Ibu Hamil dalam Menggunakan Obat Batuk
Namun, dengan 5 obat batuk untuk ibu hamil yang alami dan aman di atas, sebaiknya anda juga memperhatikan hal-hal penting sebagai seorang wanita yang sedang hamil, termasuk  dalam mengkonsumsi obat batuk.  Salah satu hal penting yang sebaiknya anda perlu ketahui sebelum meminum obat batuk adalah dengan  mengenali penyebab awal batuk.

Jika batuk tersebut dikarenakan adanya faktor lingkungan seperti debu, alergi, karena cuaca yang dingin atau iritasi, maka sebaiknya anda lebih banyak menggunakan waktu anda untuk tidur dan istirahat yang cukup. Selain itu anda juga sebaiknya memperbanyak minum air putih dan menjaga kebersihan lingkungan anda.

Sementara itu, jika hal penting yang sebaiknya anda ketahui dalam mengkonsumsi obat batuk adalah bahwa pada dasarnya obat batuk yang ada di pasaran sebenarnya cukup aman, namun hal ini bukan berarti anda bisa menggunakannya semau anda. Hal ini dikarenakan bahwa ada pembatasan penggunaan obat batuk tersebut, sehingga penggunaan obat  batuk buatan pabrik ini hanya digunakan untuk jangka pendek, bukan untuk jangka panjang.

Selain itu anda juga sebaiknya juga menghindari obat batuk untuk ibu hamil buatan dari pabrik jika usia kehamilan anda kurang dari 3 bulan, karena usia kandungan di bawah 3 bulan merupakan keadaan dimana janin sangat rawan terhadap zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh ibu.

Oleh karena itu, dengan memperhatikan hal-hal penting yang harus diketahui di atas, maka diharapkan bagi anda  yang sedang hamil untuk tidak bertindak ceroboh dan lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan maupun obat-obatan demi menjaga keselamatan jabang bayi anda.  Selain itu dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat batuk untuk ibu hamil tersebut maka para ibu hamil bisa mengobati sakit batuk tanpa adanya efek samping yang membahayakan si bayi.


Anda Serius Ingin Memperbesar Payudara Anda?, Ingin membuat payudara menjadi lebih kencang, besar dan & Indah? Ingin tampil lebih percaya diri di depan suami?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*