Home » Tips Kesehatan » 11 Makanan Penurun Darah Tinggi Paling Efektif

11 Makanan Penurun Darah Tinggi Paling Efektif

Makanan penurun darah tinggi paling efektif. Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah sejenis penyakit di mana kemunculannya terjadi tiba-tiba, bahkan penyakit ini disebut juga sebagai “pembunuh secara diam-diam”. Sebenarnya untuk dapat mengetahui apakah Anda mengalami hipertensi atau tidak akan sulit diprediksi, terkecuali dengan pemeriksaan pengukuran tekanan darah. Adapun salah satu penyebab seseorang mengalami hipertensi adalah dari faktor makanan. Faktor makanan ini memegang peranan penting sehingga perlu diperhatikan, terutama jika Anda gemar mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi.

Kategori Penyakit Hipertensi

Seperti sudah dijelaskan di atas, di mana seseorang yang mengalami hipertensi dapat dikenali lewat pengukuran dari tekanan darah. Adapun angka pertama hasil pengukuran merupakan tekanan darah sistolik di mana artinya ukuran tekanan pada arteri saat jantung berdenyut. Sementara angka kedua merupakan tekanan diastolik sebagai indikasi tekanan yang terdapat pada detak jantung saat jantung sedang beristirahat. Seseorang mengalami tekanan darah yang normal jika tekanan darahnya kurang dari angka 120/80.

Jika hasil dari pengukuran pada tekanan darah tadi melebihi batas normal, maka bisa dikategorikan bahwa Anda mengalami gejala hipertensi dengan kategori hipertensi berikut :

  1. Untuk seseorang yang mengalami prahipertensi. Umumnya tekanan darah berkisar pada 120-139 pada angka sistolik, sedangkan angka 80-89 pada tekanan diiastolik.
  2. Untuk seseorang yang mengalami hipertensi tahap 1, terjadi bila tekanan sistolik seseorang berkisar 140-159 dengan kisaran tekanan diastolik 90-99.
  3. Untuk seseorang yang mengalami hipertensi tahap 2. Ketika tekanan sitoliknya berkisar 160 maupun lebih dengan tekanan diastoliknya berkisar angka 100 hingga lebih.

Perhatikan Asupan Makanan

Pada sebagian orang, umumnya tak menyadari apa jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya, terlebih lagi untuk memperhatikan kandungannya. Untuk Anda yang tentunya ingin selalu menjaga agar tekanan darah dalam kisaran normal, maka Anda bisa memulainya dengan menjalani kebiasaan untuk memperhatikan apa saja asupan makanan yang dikonsumsi beserta kandungannya.

Untuk makanan dengan kandungan sodium atau garam tinggi, umumnya ini termasuk makanan yang memicu terjadinya hipertensi. Jika semakin sedikit kandungan garam yang dikonsumsi, sehingga tekanan darah yang Anda miliki pun semakin terkendali. Adapun makanan penurun darah tinggi atau pengendali tekanan darah terdapat pada makanan dengan kandungan magnesium, serat dan potasium.

Hindari makanan dengan kandungan garam tinggi, seperti makanan kemasan yang terdapat pada kaleng, dan makanan junk food atau siap saji. Namun bila sewaktu-waktu Anda ingin mengonsumsi makanan yang ada dalam kemasan sebaiknya perhatikan labelnya.

Anda mesti memilih makanan yang mengandung garam harian sekitar 5 persen maupun kurang, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan garam sekitar 20 persen lebih. Selain itu, Anda juga perlu membatasi frekuensi makan di restoran atau di luar rumah sebab cara paling baik untuk mengendalikan asupan garam pada makanan yaitu dengan cara membuat makanan sendiri.

Asupan Makanan Penurun Darah Tinggi Paling Efektif

Untuk Anda yang ingin terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi, cara yang paling tepat adalah dengan mengatur asupan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan penurun darah tinggi yang efektif untuk mengendalikan tekanan darah Anda yang meningkat. Adapun makanan buah penurun darah tinggi tersebut di antaranya :

1. Pisang

Pisang merupakan si buah yang paling manjur untuk mengatasi hipertensi. Sebab pisang mengandung kalium dan potasium tinggi sehingga sangat baik bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tak hanya itu saja, kandungan serat pada pisang sangat efektif untuk mengatasi berat badan yang berlebih sekaligus sebagai makanan untuk diet sehat.

2. Alpukat

Masih sejenis buah-buahan, selain pisang ternyata alpukat juga termasuk buah-buahan yang efektif untuk mengatasi hipertensi. Buah alpukat mengandung nilai gizi tinggi, di antara vitamin E, serat, kalsium dan vitamin C. Dengan senyawa yang terdapat pada alpukat inilah mampu membantu tubuh dalam cara menurunkan darah tinggi dan menyembuhkannya secara alami.

3. Mengkudu

Selain alpukat dan pisang, salah satu tanaman obat seperti mengkudu ini juga efektif menurunkan tekanan darah. Selain itu,mengkudu juga sangat efektif untuk mengobati beragam penyakit yang terjadi.

4. Melon

Buah-buahan yang efektif untuk mengatasi hipertensi berikutnya adalah buah melon. Buah melon ini tak hanya enak dan menyegarkan untuk dinikmati, melainkan buah ini juga efektif mencegah hipertensi. Karena melon mengandung potasium tinggi di dalamnya.

5. Cokelat

Seperti kita ketahui, cokelat mengandung antioksidan tinggi. Di mana zat antioksidan tinggi ini efektif untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Wajib diingat,dengan hanya memakan cokelat yang pahit atau cokelat murni bisa menghasilkan efek lebih optimal untuk menyembuhkan hipertensi.

6. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu produk dari olahan susu untuk makanan yang bisa membentuk otot. Di samping kadar lemak rendah, produk olahan susu yang satu ini juga bermanfaat seperti halnya susu, karena kandungan kalsium, kalium dan magnesium cukup tinggi di dalamnya. Dengan kandungannya inilah, yoghurt juga efektif untuk mengatasi hipertensi.

7. Ikan Salmon

Tak hanya buah-buahan dan produk olahan susu, ikan salmon juga efektif sebagai penurun hipertensi. Karena ikan salmon memiliki kandungan mineral dan vitamin begitu tinggi yang bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, ikan salmon bisa dijadikan sebagai makanan yang menyehatkan.

8. Susu Skim Bebas Lemak

Seperti sudah kita bahas dalam produk yoghurt di mana susu memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang efektif mengatasi hipertensi, hal ini tentunya terdapat pada susu skim bebas lemak. Susu skim tak hanya mengandung kalsium saja, tetapi juga vitamin D efektif menurunkan tekanan pada darah. Di samping itu, keuntungan lainnya adalah menyusutkan lemak di dalam tubuh sehingga penting untuk menurunkan berat badan atau sebagai makanan diet alami.

9. Roti Gandum

Makanan paling efektif untuk menurunkan tekanan darah berikutnya adalah roti gandum. Roti gandum tak hanya mengatasi hipertensi, tetapi juga mencegah tekanan darah tinggi pada tubuh.

10. Minyak Zaitun

Berbeda dengan minyak sayur atau minyak kelapa yang dijual di pasaran, minyak zaitun lebih menyehatkan untuk Anda yang hipertensi. Sebab minyak zaitun ini mengandung zat antioksidan begitu tinggi serta efektif menjaga kesehatan organ jantung. Untuk mengatasi hipertensi, ada baiknya mengganti minyak sayur Anda dengan minyak zaitun.

11. Bayam

Selain buah-buahan, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan sayuran hijau seperti bayam untuk menurunkan hipertensi. Bayam mengandung sejumlah serat tinggi dengan kandungan kalium yang terdapat di dalamnya. Di mana kalium ini efektif untuk mengurangi efek pada hipertensi. Selain bayam, Anda juga bisa memanfaatkan buncis sebagai salah satu jenis sayuran hijau yang juga efektif menurunkan tekanan darah.

Dengan mengonsumsi sejumlah makanan di atas, Anda tentunya bisa terhindar dari hipertensi yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit kronis. Untuk itu, pastikan Anda menghindari makanan yang tidak diperbolehkan dan sebaliknya mengonsumsi makanan penurun darah tinggi untuk mengatasi hipertensi!


Anda Serius Ingin Memperbesar Payudara Anda?, Ingin membuat payudara menjadi lebih kencang, besar dan & Indah? Ingin tampil lebih percaya diri di depan suami?
Silahkan Klik
Disini