Home » Kehamilan » 10 Gejala Hamil Yang Wajib Diketahui

10 Gejala Hamil Yang Wajib Diketahui

10 Gejala Hamil Yang Wajib Diketahui10 Gejala hamil seorang wanita yang akan menjadi seorang ibu sangatlah penting untuk diketahui para calon ibu, para calon ibu harus bisa memahami kondisi sedari dini agar dapat antisipasi guna menjaga janin sang bayi selama dalam masa kehamilan.

Mungkin para calon ibu masih banyak yang belum tahu atau sadar akan gejala – gejala awal kehamilan. Padahal itu sangatlah penting karena sangat berpengaruh terhadap kondisi janin di dalam rahim kita, agar janin dalam rahim bisa tumbuh sehat dan calon ibu juga sehat, semua itu sangat menunjang proses kehamilan sampai melahirkan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Cara paling mudah untuk mengetahui gejala hamil adalah dengan test darah atau tes urin mengunakan testpack seperti yang diketahu masyarakat pada umumnya. Yang perlu diketahui para calon ibu adalah setiap wanita memiliki tingkat dan resiko kehamilan yang berbeda beda. Walaupun kehamilah telah dijaga dengan penuh kehati hatian, akan tetapi terkadang kondisi tertentu timbul dan akan membahayakan janin anda.

Anda juga tidak boleh lengah terhadap perubahan abnormal yang terjadi pada awal kehamilan karna bisa jadi salah satu tanda kehamilan bermasalah. Dengan mengetahui beberapa informasi mengenai apa saja tanda – tanda kehamilan tentu saja nantinya akan memberikan manfaat tersendiri untuk para calon ibu, selain itu beberapa informasi ini nantinya akan membantu para calon ibu agar dapat lebih siap di dalam menghadapi kehamilan nantinya.

Muncul Flek / Bercak Darah
Gejala kehamilan sendiri memang sangat banyak dan memang sering kali dialami oleh sebagian besar wanita yang sedang hamil. Untuk gejala hamil yang pertama adalah munculnya bercak darah atau flek, bercak darah ini biasa muncul sebelum periode menstrusai yang akan datang, hal ini biasanya terjadi antara 7-10 hari. Bercak darah ini muncul karna implantasi atau menempelnya embrio di dalam dinding rahim. Ini yang sering kita salah artikan sebagai menstruasi, sehingga banyak wanita yang tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil.

Oleh karena itu jika memang terdapat bercak darah namun merasakan yang aneh tejadi di dalam tubuh, ada baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter atau mencoba untuk mengeceknya menggunakan testpack. Dengan demikian tentu saja nantinya jika memang benar – benar hamil tentu saja tidak akan menjadi suatu masalah yang cukup beresiko karena tidak tahu bahwa Anda sedang hamil.

Mudah Lelah
Kemudian untuk gejala hamil yang kedua adalah mudah lelah atau letih, gejala ini adalah gejala awal yang paling sering daialami calon ibu pada saat awal kehamilan, biasanya badan terasa capek dan sangat lemas walaupun tidak melakukan pekerjaan yang berat. Bahkan setelah tidur nyenyak pun badan masih terasa lelah. Anda harus mulai lebih banyakk beristirahat dan mengurangi pekerjaan anda jika hal ini sangat menganggu, karna jika terlalu lelah akan berdampak buruk pada janin yang ada dalam rahim anda.

Hal ini memang sangat wajar terjadi karena perubahan hormone dan juga kondisi tubuh sehingga tubuh belum bisa menyesuaikan. Pada saat hamil sendiri tubuh juga membutuhkan penyesuaian dengan kondisi yang baru sehingga memang membutuhkan proses, jika nantinya tubuh sudah bisa mengkondisikannya, maka nantinya tubuh akan dapat bekerja seperti biasanya lagi.

Mengalami Mual Dan Muntah
Lalu untuk gejala hamil yang ketiga adalah mual – mual sering merasa ingin muntah terutama di pagi hari atau yang kita kenal dengan gejala “morning sickness”, tetapi jika perasaaan mual dan ingin muntah ini sering sekali kita rasakan tidak cuma di pagi hari, kadang siang atau malam bahkan hampir setiap saat, maka itu bisa menjadi salah satu gejala awal kehamilan.

Biasanya mual seperti ini akan hilang pada bulan ke 2 kehamilan tergantung kondisi tubuh masing masing orang. Anda juga akan lebih sensitive terhadap aroma atau bau-bauan tertentu. Terkadang memang seorang wanita yang sedang hamil sendiri sangat sensitive dan sedikit – sedikit ingin muntah, mual dan yang lainnya. Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut usahakan untuk menghindari beberapa hal yang membuat Anda menjadi sensitive seperti menghindari bau – bauan yang menyengat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Payudara Terasa Lebih Besar
Gejala hamil yang keempat adalah payudara terasa lebih besar atau membengkak, biasanya ditandai dengan areola yang berubah menjadi lebih gelap dari biasanya. Bra yang biasa kita pakai jadi terasa sesak dan tidak nyaman, ditambah lagi payudara terasa nyeri dan juga lebih keras jika disentuh, hal tersebut memang sudah biasa dan dialami oleh setiap wanita yang memang sedang hamil, karena di dalam payudara sendiri terdapat suatu jenis hormone yang nantinya akan menjadi ASI yang memang berubah pada saat hamil. Namun jika memang tubuh sudah dapat mengkondisikan sesuai dengan kondisi saat itu / saat hamil, maka nantinya akan sembuh dengan sendirinya.

Sakit Kepala Dan Punggung
Kemudian untuk gejala hamil yang kelima adalah sakit kepala, sakit punggung dan sering kram. Anda jadi sering merasa pusing seperti berkunang kunang, jika Anda sudah sadar kalau Anda sedang mengalami gejala kehamilan, alangkah baiknya berhati hati dalam memilih obat pereda sakit kepala, pilihlah yang mengandung acetaminophen yang lebih aman untuk kehamilan, tapi lebih baik untuk tidak mengkonsumsi obat – obatan jika dirasa tidak terlalu perlu untuk dikonsumsi.

Selain itu jika memang mengalami pusing / sakit kepala, ada baiknya jika diperiksakan ke dokter, dengan demikian tentu saja nantinya akan mendapatkan perawatan yang lebih lanjut dan tidak salah dalam menanganinya sehingga nantinya juga tidak akan berpengaruh buruk untuk janin Anda, karena janin yang masih berusia muda lebih sering beresiko.

Sering Buang Air Kecil
Gejala hamil yang keenam adalah sering buang air kecil, karena pada saat hamil bayi di dalam rahim kita akan menekan kandung kemih sehingga kita menjadi sering ingin buang air kecil bahkan di malam hari sekalipun. Hal ini memang sedikit merepotkan tapi tidak perlu khawatir karna ini adalah gejala yang normal.

Merasakan Ngidam
Kemudian untuk gejala hamil yang ketujuh adalah Ngidam atau ingin makananan tertentu yang sering tidak wajar atau tidak biasa kita konsumsi. Mendadak Anda merasa ingin makan makanan tertentu, bisa jadi itu makanan favorit anda atau makanan yang sama sekali anda tidak disukai sebelumya.

Mengalami Perubahan Tubuh
Lalu gejala hamil yang kedelapan adalah mengalami perubahan di beberapa bagian pada tubuh. Pada saat wanita memasuki kehamilan, maka bagain tubuh seperti bokong, lengan dan paha akan mengalami pembekakan,sebagain wanita juga ada yang mengalami pembekakan pada kaki.

Mood Mudah Berubah
Gejala hamil yang kesembilan adalah mood atau perasaan yang sering kali berubah ubah. Biasanya wanita yang sedang hamil akan cenderung lebih sensitive dan merasa ingin lebih dimengerti, kadang masalah sepele pun bisa membuat anda marah kepada suami. Kadang anda merasa sangat bahagia, kemudian tiba tiba sedih. Anda tidak perlu cemas atau khawatir karna hal seperti ini adalah hal biasa yang dialami ibu hamil. Hal ini disebabkan karna perubahan hormnon yang drastis di dalam tubuh. Ada baiknya mendengarkan musik klasik untuk menenangkan mood.

Mengalami Sembelit
Dan yang terakhir adalah sembelit. Para ibu hamil akan sering mengalami sembelit atau susah buang air besar, hal ini dikarenakan akibat meningkatnya hormone proges-terone. Keuntungan dari keadaan seperti ini adalah penyerapan nutrisi menjadi lebih baik pada saat hamil. Tapi untuk mencegah sembelit alangkah baiknya mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung serat seperti brokoli, bayam dan buah buahan. Jadi itulah beberapa informasi mengenai apa saja gejala hamil.


Anda Serius Ingin Memperbesar Payudara Anda?, Ingin membuat payudara menjadi lebih kencang, besar dan & Indah? Ingin tampil lebih percaya diri di depan suami?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*