Home » Tips Kesehatan » 7 Buah Dengan Khasiat Penurun Darah Tinggi

7 Buah Dengan Khasiat Penurun Darah Tinggi

Buah penurun darah tinggi banyak sekali ragamnya. Meskipun masih banyak orang yang tidak percaya akan kandungan dan nutrisi buah untuk menurunkan darah tinggi, namun terbukti manfaat nyatanya. Buah ini juga bisa menjadi alternatif bila merasa pengobatan herbal atau bahkan pengobatan yang berbiaya mahal nampak tidak ampuh membuat turun darah tinggi.

Memang tidak bisa dipungkiri, penyakit darah tinggi meskipun bukan tergolong penyakit yang amat berbahaya tetap saja bisa menjadi kendala dalam kesibukan sehari-hari bahkan bisa menjadi kronis yang merugikan.

Sebelum kami menjabarkan lebih jauh tentang kandungan ajaib buah untuk menurunkan darah tinggi, ada baiknya menyimak apa saja penyebab seseorang memiliki riwayat penyakit darah tinggi dan bagaimana menyikapi juga mencegahnya.

Penyebab seseorang memiliki penyakit darah tinggi bisa apa saja. Misalnya, bisa karena faktor keturunan yang diwarisi dari orangtua. Namun yang paling sering menjadi penyebabnya adalah faktor usia dan gaya hidup yang kurang baik.

Biasanya untuk yang berusia 40-50 tahun ke atas, akan lebih mudah memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Lebih dari itu, kurangnya olahraga dan selalu mengonsumsi makanan-makanan yang menyebabkan darah tinggi bisa membuat meningkatnya resiko penyakit yang satu ini.

Pakar kesehatan juga menemukan bukti bahwa banyak orang yang menderita obesitas juga alkoholik lebih rentan untuk mengalami risiko darah tinggi. Ini dikarenakan bobot badan yang berat karena menyantap makanan-makanan yang memang memicu darah tinggi. Selain itu, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Apakah orang yang berusia muda tidak akan terkena darah tinggi? Tidak juga ternyata karena faktor stres atau kondisi penyakit lain bisa juga membuat seseorang yang berusia muda seperti belasan atau dua puluhan mengalami tekanan darah tinggi. Biasanya stres karena tekanan sekolah atau tempat kerja ditambah buruknya gaya hidup (tidak berolahraga) membuat tekanan darah mudah menanjak tajam.

Lalu bagaimana cara mencegahnya? Tentunya dengan memperbaiki pola gaya hidup sedari awal : menyadari bahwa makanan-makanan yang tidak sehat, alkohol, rokok akan menjadi beban untuk menetralkan darah tinggi. Buah juga bisa menjadi obat penangkal dan penurun tekanan darah tinggi yang baik, sehingga penting mengetahui manfaat ajaib yang terkandung di dalamnya dan apa saja jenis buah yang bisa dikonsumsi.

Ajaibnya Kandungan Buah Untuk Kesehatan dan Keseimbangan Darah

Jadi buah apa saja yang memiliki kandungan dan nutrisi alami untuk keseimbangan darah? Ternyata banyak sekali buah yang bisa dikonsumsi dan bahkan lebih efektif ketimbang pengobatan yang berbiaya mahal. Aturannya hanya perlu untuk teratur memakannya juga jangan lupa mengelola pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan makan makanan sehat lainnya. Nah bila ingin tahu apa saja buah penurun darah tinggi tersebut, simak daftar di bawah :

  • Pertama adalah buah jeruk. Ya, buah yang satu ini memang terkenal karena kandungan vitamin C yang baik untuk vitalitas tubuh juga untuk kesehatan gigi dan mulut. Namun lebih dari itu, jeruk juga bisa dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan darah bagi penderita darah tinggi. Karena kandungan di dalam buah jeruk adalah gula alami sehingga seimbang dan tidak berlebihan bagi tubuh.Selain itu buah jeruk mengandung serat dan potasium yang menetralkan tekanan darah yang meningkat.
  • Yang kedua adalah ketimun. Meski seringkali hanya menjadi buah lalapan, buah sederhana satu ini ternyata juga bisa dimanfaatkan kandungan di dalamnya untuk menetralkan penyakit tekanan darah. Ketimun memiliki mineral yang bagus untuk tubuh dan juga potassium yang mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Tomat untuk penderita penyakit darah tinggi? Ya, tomat bukan hanya baik untuk melancarkan pencernaan, untuk kesehatan mata ataupun untuk menambah selera makan. Tomat juga terbukti mampu menjadi buah ajaib yang mengurangi tekanan darah tinggi. Rasanya yang manis dan terkadang masam karena memiliki kandungan gula alami sehingga cocok untuk penderita tekanan darah. Tidak hanya itu, tomat terbukti mampu menetralkan toksin dalam tubuh sehingga tubuh jadi lebih bugar dan segar.
  • Buah yang unik yaitu buah naga juga bisa dikonsumsi untuk cara menurunkan darah tinggi. Buah berwarna pink kemerah-merahan ini memiliki rasa manis dan asam yang alami, sangat cocok untuk santapan mulut sesudah makan besar. Tapi tidak hanya cocok sebagai buah penutup makan lauk-pauk, buah naga sama berkhasiatnya dengan buah-buah lain untuk menetralkan darah dan kandungan di dalam sel-sel tubuh. Selain kaya magnesium dan antioksidan, buah naga memiliki khasiat baik untuk penyembuhan bagi para penderita penyakit darah tinggi.
  • Pisang yang kaya potassium dan juga sering dianggap sebagai buah pembuat kenyang adalah salah satu buah yang bisa menurunkan kadar darah berlebihan. Pisang mampu mengatur tekanan darah dan juga memberikan energi dalam tubuh dengan kandungan rasa manis yang alami tanpa gula buatan. Buah yang satu ini bisa dimakan bila anda sedang melakukan diet tanpa gula atau menjauhi makanan-makanan yang memicu darah tinggi.
  • Dan yang terakhir adalah semangka. Ya, buah besar dengan warna merah pekat ini memang sangat enak dinikmati terutama saat cuaca panas. Terkenal karena kesegarannya, semangka memiliki manfaat dari kandungan mineral, serat dan lycopene yang sama dengan kandungan pada buah tomat. Yang membuat buah semangka sangat direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah karena di dalamnya adalah kandungan asam amino. Asam amino inilah yang terbukti manjur sebagai pengobatan alami bagi penderita darah tinggi.

Aturan Memakan Buah Bagi Penderita Darah Tinggi

Tapi meskipun sudah banyak buah-buah penurun penyakit darah tinggi di atas sebagai rekomendasi, aturan memakannya pun amat penting. Jangan sampai hanya memakannya sesekali atau seadanya karena tentu tidak akan terlihat jelas khasiatnya pada penurunan kandungan darah. Untuk aturan terbaik, sangat direkomendasikan untuk memakan buah tersebut setiap hari baik setelah makan ataupun sebagai pengganti makan besar.

Misalnya, anda bisa memakan dua buah pisang dan susu tanpa gula di pagi hari sebagai menu breakfast. Nantinya saat makan malam, bisa menyantap semangka setelah usai makan besar. Karena banyak ragam buah di atas, bisa diganti sesuai buah apa yang diinginkan dan tentu dengan jumlah yang seimbang. Jangan terlalu banyak maupun terlalu sedikit.

Satu lagi, jangan lupakan untuk diimbangi olahraga yang rutin dan kegiatan-kegiatan positif yang mengusir stres. Olahraga sederhana seperti jogging sudah cukup untuk mendukung penurunan darah tinggi. Sementara kegiatan-kegiatan positif seperti menghabiskan waktu bersama keluarga, menonton film, belajar sesuatu bersama teman-teman bisa mengusir pikiran jenuh yang mendatangkan risiko tekanan darah meningkat.

Selain itu, selalu kelola pikiran untuk selalu tenang dan jangan sering tersulut amarah agar tidak mempengaruhi kesehatan dan juga keseimbangan darah. Dengan begitu, tentu hal-hal baik diatas akan bermanfaat bersamaan dengan konsumsi rutin buah penurun darah tinggi.


Anda Serius Ingin Memperbesar Payudara Anda?, Ingin membuat payudara menjadi lebih kencang, besar dan & Indah? Ingin tampil lebih percaya diri di depan suami?
Silahkan Klik
Disini