Home » Kehamilan » 15 Ciri-Ciri Hamil Muda

15 Ciri-Ciri Hamil Muda

15 Ciri-Ciri Hamil MudaCiri-ciri hamil muda ada yang bisa dilihat dan ada yang hanya bisa dirasakan oleh wanita hamil tersebut saja. Bagi pasangan suami istri baik yang baru menikah kehamilan merupakan saat-saat yang ditunggu, apalagi bagi pasangan yang sudah lama menikah, Meskipun ada beberapa pasangan yang sengaja menunda memiliki seorang anak, namun pada akhirnya nanti pasti akan mencari tahu bagaimana sebenarnya ciri-ciri dan perubahan yang terjadi pada seorang wanita pada saat hamil muda.

Bila Anda salah satu orang yang penasaran ingin mengetahui apa saja ciri-ciri hamil muda, atau mungkin saat ini masih ragu dan bingung apakah sedang hamil atau tidak, maka selain Anda bisa menggunakan test pack untuk mengetahuinya Anda juga bisa mengenalinya dengan merasakan ciri-ciri atau perubahan fisik dan psikologis pada masa hamil muda.

15 Ciri-Ciri Hamil Muda
Untuk membantu Anda mengetahui dan memastikan apakah saat ini Anda sedang hamil atau tidak maka berikut ini kami uraikan ciri-ciri hamil muda yang biasanya terjadi pada saat usia kehamilan berusia dua minggu sampai dua bulan.

Berikut ini 15 ciri-ciri hamil muda yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Mengalami keterlambatan haid
Salah satu pertanda kehamilan adalah terlambat datang bulan, meskipun tidak semua keterlambatan haid dapat diartikan sebagai sebuah kehamilan, karena bisa saja Anda terlambat haid karena diet, stress, ataupun gangguan hormonal. Namun secara umum bila kondisi kesehatan Anda stabil maka terlambat haid lebih dari dua minggu merupakan sebuah pertanda awal masa kehamilan

2. Perubahan bentuk tubuh
Pada masa awal kehamilan perubahan bentuk perut mungkin belum terlalu nampak, akan tetapi pada umumnya bagian tubuh wanita yang lainnya akan bertambah besar, seperti pada bagian paha, bokong, dada dan lengan.

3. Makin sering buang air kecil
Saat awal kehamilan janin mulai tumbuh di rahim dan menekan kandung kemih, dan mengakibatkan frekuensi BAK bertambah sering. Bagian kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi oleh urine sehingga perasanaan untuk BAK akan sering timbul. Bahkan terkadang Anda akan merasa sedikit terganggu pada waktu tidur karena sering buang air kecil.

4. Menjadi mudah lelah
Meningkatnya produksi hormon progesterone pada masa awal kehamilan karena tubuh secara alami menyesuaikan keadaan tubuh yang kehadiran janin dalam rahim. Anda mungkin akan lebih suka bermalas-malasan ditempat tidur, atau mudah sekali mengantuk terutama pada pagi hari. Namun menurunnya tekanan darah dan kadar gula didalam darah dapat juga membuat Anda mudah lelah.

5. Nafas menjadi lebih pendek
Saat melakukan aktivitas yang agak berat atau melakukan aktivitas olahraga yang ringan Anda akan merasa terengah-engah, padahal aktivitas tersebut biasa Anda lakukan. Nafas menjadi lebih pendek mungkin terjadi karena janin yang mulai tumbuh dirahim juga mengambil jatah oksigen dalam tubuh Anda,

6. Mual-mual terutama pada pagi hari (morning sickness)
Rasa mual pada awal kehamilan terjadi karena peningkatan produksi hormon uman Chorionic Gonadotrophin (HCG) pada tubuh yang membuat lapisan perut terasa perih dan menimbulkan rasa ingin muntah. Pada umumnya rasa mual lebih banyak dirasakan pada pagi hari (morning sickness).

Beberapa peneliti juga beranggapan bahwa gejala mual yang dirasakan oleh ibu hamil yang tidak mudah menerima makanan sembarangan juga bisa berarti merupakan sebuah kondisi tubuh yang secara alami melindungi janin dari berbagai racun yang berasal dari makanan dan berbahaya.

7. Perubahan emosi (mood)
Wanita hamil umumnya menjadi lebih sensitif, manja, dan sangat mudah berubah emosinya (mood). Bisa terjadi dalam satu kesempatan Dia merasa bahagia sekali, namun beberapa waktu kemudian tiba-tiba menjadi pemarah hanya karena masalah yang sepele.

Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan karena normal terjadi pada setiap wanita hamil. Bila Anda merasakan hal tersebut akhir-akhir ini, maka cobalah untuk memberikan pengertian pada pasangan Anda mengenai hal tersebut.

8. Sering merasa sakit kepala
Perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh, terkadang juga mengakibatkan Anda akan sering merasa sakit kepala, karena itu sebaiknya Anda jangan sembarangan mengkonsumsi obat penahan rasa sakit, ada baiknya bila Anda beristirahat atau melakukan aktivitas yang Anda suka sehingga membuat Anda sibuk dan lupa akan sakit kepala Anda.

9. Indra penciuman menjadi sangat sensitive
Pada awal kehamilan indra penciuman Anda menjadi sangat sensitif terhadap berabgai macam bau, seperti wangi parfum tertentu atau aroma makanan tertentu. Bahkan karena sangat merasa terganggu dengan bau-bau tertentu Anda bisa langsung merasa mual bahkan muntah.

10. Perut terasa kram
Kram perut bisa diartikan juga sebagai pertanda bahwa rahim Anda akan melebar untuk mempersiapkan tempat yang cukup untuk pertumbuhan calon bayi. Kondisi ini akan terus terjadi selama masa perkembangan janin sampai akhir tri semester kedua, atau sampai uteru berada ditengah dan dapat disangga oleh pinggul.

11. Susah buang air besar (sembelit)
Produksi hormon progesterone pada awal masa kehamilan bukan hanya membuat otot-otot rahim menjadi lebih kendor, akan tetapi juga membuat otot dinding pada usus juga mengendur dan mengakibatkan Anda susah buah air besar atau sembelit. Tapi ada keuntungan yang Ibu rasakan pada saat sembelit yaitu penyerapan nutrisi dan vitamin yang Anda konsumsi kemungkinan akan menjadi lebih baik.

12. Temperatur suhu basal tubuh meningkat
Pada masa kehamilan secara alami temperature suhu basar tubuh meningkat dari pada kondisi normal. Karena itu biasanya pada saat masa kehamilan, Anda akan merasa mudah gerah dan kepanasan.

13. Menyukai dan menolak makanan tertentu (ngidam)
Selain sensitive terhadap bau atau wewangian tertentu, pada masa kehamilan para wanita juga akan mengalami perubahan selera makan, dimana pada saat tertentu tiba-tiba meminta makanan tertentu, menyukai makanan yang biasanya sangat tidak disukai atau menolak makanan yang biasanya menjadi makanan kesukaannya tanpa adanya alasan yang masuk akal.

14. Selalu meludah (hipersalivasi)
Perubahan hormon estrogen pada tri semester pertama masa kehamilan membuat produksi air liur mengalami peningkatan, sehingga membuat Anda akan sering meludah, tapi kondisi ini akan kembali normal pada saat memasuki tri semester kedua.

15. Nafsu makan meningkat atau menurun
Hadirnya janin dalam rahim yang membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin, akan membuat Anda menjadi lebih mudah lapar atau makan dalam jumlah yang cukup banyak. Namun terkadang ada juga beberapa wanita yang malah mengalami penurunan nafsu makan karena merasa mual setiap kali sudah makan. Namun hal ini tidak boleh dibiarkan karena itu meskipun nafsu makan menurun sebaiknya Anda tetap mengkonsumsi susu khusus ibu hamil.

5 Mitos Seputar Kehamilan
Sebagai masyarakat timur yang masih percaya dengan berbagai mitos yang sudah dipercaya secara turun temurun, maka ada beberapa mitos seputra kehamilan yang sampai saat ini masih banyak yang mempercayainya, berikut ini 5 mitos seputar kehamilan tersebut, yaitu :

  1. Wanita hamil dilarang makan pisang dempet karena khawatir anaknya akan kembar siam
  2. Wanita hamil tidak boleh keluar pada malam hari karena banyak roh jahat yang akan mengganggu janin
  3. Wanita hamil tidak boleh mencela atau benci terhadap seseorang karena nanti anaknya akan mirip dengan orang tersebut.
  4. Wanita hamil yang kelihatan lebih cantik dari biasanya maka anaknya biasanya laki-laki
  5. Wanita hamil yang nampak lebih jelek atau malas merawat diri pada saat hamil maka kemungkinan besar anaknya nanti perempuan

Meskipun sebenarnya hanya mitos akan tetapi sebagian masyarakat masih mempercayainya sampai sekarang. Semoga informai diatas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai seputar masalah kehamilan dan yang paling penting adalah sudah mengetahui secara jela apa saja ciri-ciri hamil.


Anda Serius Ingin Memperbesar Payudara Anda?, Ingin membuat payudara menjadi lebih kencang, besar dan & Indah? Ingin tampil lebih percaya diri di depan suami?
Silahkan Klik
Disini