Home » Vagina » 10 Penyebab Vagina Gatal, Kenali dan Waspadai

10 Penyebab Vagina Gatal, Kenali dan Waspadai

10 Penyebab Vagina Gatal, Kenali dan WaspadaiPenyebab vagina gatal menjadi topik pada ulasan kali ini. Topik ini jelas penting diangkat karena vagina gatal sepertinya kerap dialami sejumlah wanita. Tanpa mengetahui apa penyebabnya seringkali para wanita yang mendapati organ kemaluannya gatal langsung menggaruk begitu saja tanpa pikir panjang. Padahal upaya tersebut sia-sia saja dan malah membuat vagina terluka.

Perlu diketahui, vagina yang gatal bisa menjadi pertanda bahwa terdapat kuman atau bakteri yang menempel. Adapun untuk selanjutnya diketahui ternyata rasa gatal yang muncul di sekitar organ intim kewanitaan tersebut bisa juga disebabkan oleh beberapa penyebab yang lain. Kira-kira apa saja faktor penyebab munculnya rasa gatal pada vagina? Berikut diberikan 10 diantaranya:

1. Adanya Jamur dan Bakteri
Seperti yang sudah disebutkan di atas, keberadaan jamur dan bakteri jahat di vagina bisa memicu munculnya rasa gatal luar biasa. Jamur bisa muncul akibat aktivitas seks, penggunaan antibiotik, sistem imun tubuh yang sedang lemah, atau karena asupan gula yang berlebihan. Tanpa disadari jamur juga bisa tertular akibat cara membasuh vagina yang salah misal menggunakan produk pembersih dengan pH yang kurang sesuai.

Sementara itu, bakteri pada vagina sebetulnya memiliki peranan penting dalam menjaga kestabilan pH. Akan tetapi, jika bakteri baik tersebut tumbuh secara berlebihan malah atau malah bakteri jahat mendominasi, maka akan menyebabkan munculnya rasa gatal pada organ kewanitaan.

2. Karena Gejala Tumbuhnya Tumor
Perlu Anda ketahui jika muncul rasa gatal di area sekitar vagina bisa jadi hal tersebut merupakan gejala tumbuhkan tumor atau kanker. Hal ini karena tumor yang sedang tumbuh di organ intim kewanitaan seringkali menimbulkan rasa gatal luar biasa yang mengganggu. Jadi bila Anda mendapati gangguan vagina yang gatal segera lakukan upaya penanganan. Bila rasa gatal terus muncul lakukan konsultasi dengan dokter Anda dan jangan pernah abaikan penyebab vagina gatal ini.

3. Adanya Kutu Kudis di Vagina
Adanya kutu kudis di vagina bisa juga menjadi penyebab vagina gatal. Adapun kutu kudis tersebut bisa ditularkan dari hubungan seksual dengan pasangan yang mungkin sedang menderita kudisan. Oleh karena itu, perhatikan benar kesehatan diri Anda sendiri dan pasangan.

Jangan memaksakan bercinta jika salah satu pihak sedang sakit karena bisa jadi penyakit yang diderita bisa semakin parah dan menular ke Anda. Adapun penyakit menular yang perlu diwaspadai adalah trichomoniasis yang juga disinyalir menjadi sebab munculnya rasa gatal dia area organ intim kewanitaan.

4. Kebiasaan Salah Memakai Celana Dalam Ketat
Apakah Anda cenderung memakai celana dalam yang ketat? Jika ya, mulai dari sekarang tinggalkan kebiasaan tersebut. Memakai celana ketat dapat menjadi sebab munculnya rasa gatal di area vagina. Terlebih jika celana dalam ketat yang digunakan dibuat dari bahan nilon yang diketahui kerap menyebabkan alergi.

Selain dapat menyebabkan rasa gatal, pemakaian celana dalam yang ketat ini juga bisa mengudnang gangguan di area kemaluan lainnya seperti keputihan. Hal ini pun berlaku untuk penggunaan hotpant atau celana jeans ketat. Oleh karena itu, biasakan menggunakan celana yang pas dengan bahan katun yang bersifat menyerap keringat dan mudah kering. Dengan memilih celana yang tepat Anda pun tidak perlu merasa terganggu atau risih baik karena gatal atau rasa basah.

5. Adanya Gangguan di Luar Vagina yang Bersifat Lokal
Penyebab vagina gatal yang selanjutnya karena adanya gangguan di luar vagina yang bersifat lokal. Adapun salah satu contoh gangguan lokal yang dimaksud yaitu karena menderita keputihan. Keputihan memang bisa memicu rasa gatal, terlebih jika keputihan yang diderita adalah keputihan abnormal. Kondisi ini bisa semakin parah bila Anda memiliki kebiasaan mengaruk vagina. Kegiatan menggaruk tidak akan mengurangi masalah dan sebaliknya malah menyebakan timbulnya peradangan dan luka.

6. Memiliki Riwayat Kencing Manis atau Diabetes
Tentu Anda sudah mengetahui bahwa penyakit diabetes memiliki risiko komplikasi sejumlah penyakit lain. Namun, tahukah Anda bahwa riwayat diabetes juga dapat menyebabkan munculnya rasa gatal pada organ kewanitaan? Oleh karena itu, dalam hal ini sangat penting artinya untuk melakukan cek guna mengetahui riwayat diabetes. Lakukan tes gula darah jika memang diperlukan.

7. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis
Bila Anda gemar mengonsumsi makanan manis, maka kurangi porsi makanan manis jika tidak ingin bermasalah dengan vagina gatal. Hal ini karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa menjadi penyebab vagina gatal.

Perlu Anda ketahui, asupan makanan manis seperti kue, roti, atau minuman manis bisa meningkatkan pertumbuhan ragi pada organ kewanitaan Anda. Kondisi inilah yang secara lambat tetapi pasti menyebabkan rasa gatal di area kewanitaan. Selain itu, mengonsumsi makanan manis dalam porsi berlebih tentunya juga tidak baik untuk kesehatan karena bisa memicu penyakit diabetes dan lainnya.

8. Karena Faktor Kejiwaan
Tanpa disadari ternyata faktor kejiwaan bisa juga menjadi sebab vagina gatal. Sebagai contoh rasa frustasi akibat kegagalan suami saat berhubungan intim dapat memicu rasa gatal pada vagina. Penyebab yang satu ini pun secara fisik memang seolah tidak terlihat. Oleh karenanya, melakukan tindakan konseling bersama ahli sering dianjurkan sebagai upaya penyembuhan yang terbaik.

9. Perubahan Lapisan Luar Vagina
Penyebab vagina gatal selanjutnya yaitu karena adanya perubahan lapisan luar vagina. Gejala ini umumnya dialami oleh wanita yang sudah lanjut usia. Meskipun sudah menjadi satu gejala yang umum terjadi, tetapi pastinya rasa gatal yang muncul tetap bisa mengganggu.Oleh karena itu, upayakan cara penyembuhan yang tepat.

10. Akibat Alergi
Gatal-gatal di area vagina bisa juga disebabkan karena Anda alergi pada sesuatu. Bila memang rasa gatal yang muncul dikarenakan alergi, maka Anda membutuhkan obat yang tepat. Dalam hal ini selalu libatkan dokter kepercayaan Anda untuk mendapat resep obat yang baik.

Guna mencegah terjadinya alergi ulang, kenali beberapa faktor penyebab alergi lalu hindari. Dari beberapa kasus vagina gatal akibat alergi diketahui disebabkan karena penggunaan pembalut yang tidak cocok, pemakaian krim atau sabun tertentu, pengonsumsian obat-obatan, jamu, dan masih banyak lagi.

Itulah 10 penyebab vagina gatal yang perlu Anda waspadai. Dengan mengenal apa yang menjadi penyebabnya, diharapkan Anda bisa segera melakukan upaya penanganan yang tepat. Sebagai tips tambahan, ingat selalu untuk menjaga kebersihan organ intim kewanitaan Anda. Cebok dengan air yang bersih dan pastikan pula Anda sudah mencuci tangan sebelumnya. Bila ingin menggunakan tisu gunakan tisu toilet yang steril.

Beberapa produk pembersih kemaluan wanita bisa juga digunakan, tetapi pilih produk yang tepat dan aman dari kandungan bahan berbahaya. Jika memang membutuhkan pembersih kemaluan pilih bahan alami seperti daun sirih. Anda bisa merebus daun sirih secukupnya lalu menggunakan air rebusannya untuk membilas vagina sampai bersih. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan handuk halus dan bersih sebelum memakai celana dalam.


Anda Serius Ingin Memperbesar Payudara Anda?, Ingin membuat payudara menjadi lebih kencang, besar dan & Indah? Ingin tampil lebih percaya diri di depan suami?
Silahkan Klik
Disini